Turunkan Tim, PUPR Mubar Tinjau Kondisi Faktual Lokasi Pembangunan Masjid Agung

banner 468x60

Muna Barat, Sultra.co.id – Kawasan Bumi Praja Laworoku yang merupakan areal pembangunan sejumlah kantor di Muna Barat rentan terhadap genangan air. Pasalnya, kawasan tersebut secara topografi landai dan cekung serta dilintasi aliran air dari Bendung Marobea.

Padahal kawasan ini nantinya akan dibangun sejumlah gedung. Seperti kantor bupati, kantor DPRD dan sarana penunjang pemerintahan lainnya.

Dari kondisi inilah yang melatar belakangi Kadis PUPR Muna Barat, La Ode Butolo menurunkan tim dari PUPR Muna Barat untuk melihat kondisi faktual di lapangan sesaat setelah hujan deras terjadi pada Rabu (29/6/2022) yang lalu.

Sekretaris PUPR Muna Barat, Surahman mengatakan tim PUPR menemukan fakta kanal yang telah dibangun tidak cukup lagi menampung volume air yang diarahkan pada Sungai Tiworo akibat debit air yang sangat besar dan adanya longsoran pada beberapa titik pematang kanal yang mengakibatkan air melimpah dan masuk pada kawasan perumahan dan pertanian masyarakat.

Berdasarkan fakta lapangan di atas, tim PUPR telah melapor ke Kadis PUPR Muna Barat.

“Bahwa ada beberapa langkah teknis yang harus diambil secepatnya, di antaranya yaitu pembangunan kanal yang menerus dari Bendung Marobea yang saat ini melintasi kawasan Bumi Praja Laworoku,” kata mantan Kabid SDA dan Irigasi saat ditemui Minggu, 2 Juli 2022.

Selain itu, lanjut Surahman, ada juga pembangunan tanggul kanal yang telah ada, pelebaran outlet yang melintasi jalan nasional Lagadi Tondasi khususnya di sekitar Desa Lakalamba dan Desa Wandoke serta pembangunan kolam retensi pada beberapa titik di dalam kawasan Bumi Praja Laworoku.

“Langkah ini perlu dilakukan untuk mengendalikan air sehingga tidak berpotensi destruktif pada kawasan tersebut. Apalagi pada kawasan itu nantinya akan ada objek vital milik daerah,” tuturnya.

Ia berharap rekomendasi ini akan menjadi pertimbangan pimpinan untuk mengalokasikan anggaran.

“Karena situasi genangan air ini telah menjadi keresahan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir,” pungkasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.