Turun Langsung ke Pasar Kambara, PJ Bupati Mubar: Kami Tinjau Harga Kebutuhan Pokok

Pj Bupati Mubar, Dr Bahri, saat memantau ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional. Foto: detiksultra.com
banner 468x60

Sultra.co.id – Jelang Hari Raya Iduladha, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, turun langsung di Pasar Kambara, Tiworo Kepulauan. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dari kelangkaan jelang hari raya.

Bahri mengungkapkan, dalam peninjauannya ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikkan secara signifikan yakni bawang merah, bawang putih, tomat, ayam potong, telur dan minyak goreng. Bawang merah mengalami lonjakan harga hingga mencapai Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan tomat mengalami kenaikan sampai Rp10 ribu per kilogram.

“Menjelang Iduladha kami meninjau langsung harga kebutuhan pokok ternyata ada beberapa harganya naik” ujarnya saat ditemui di lokasi, Jumat (8/7/2022).

Kenaikan harga tersebut, disebabkan adanya kelangkaan produk akibat curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan petani mengalami gagal panen. Namun secara umum, ia menilai harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Muna Barat masih terkedali hingga saat ini. Dalam arti kenaikannya akibat dari kelangkaan distribusi bahan sembako seperti bawang merah.

“Saat ini harga bahan pokok masih terkendali, namun karena adanya curah hujan yang tinggi dan kelangkaan produk maka mengalami kenaikan harga,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal itu jelang lebaran, Bahri akan berupaya melakukan evaluasi bersama Dinas Perindag untuk melakukan operasi pasar sehingga masyarakat bisa membeli kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

“Kami akan koordinasikan hal ini ke pihak terkait agar secepatnya kita lakukan operasi pasar,” pungkasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.