Sosialisasi Penyadartahuan Mubar, Ini Kata Kadis Kelautan Perikanan Mubar

banner 468x60

Mubar – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar sosialisasi penyadartahuan dan pengenalan konsep perikanan berkelanjutan, aturan perikanan dan adaptasi perubahan iklim yang diikuti oleh peserta masyarakat pesisir Kecamatan Kusambi.

Kegiatan ini digelar Desa Tanjung Pinang Kecamatan Napano Kusambi, pada Rabu, 7 Desember 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikana Mubar, Ir. La Jono mengatakan sosialisasi ini penting untuk diikuti secara maksimal bagi peserta sehingga bisa bermanfaat.

Lebih jauh lagi dirinya, menyampaikan kepada peserta terkait dengan maraknya ilegal fishing, maka ini merupakan tugas bersama untuk menyelamatkan perairan.

“Perairan kita ini hanya butuh kita jaga dan kita lestarikan beda dengan apa yang tumbuh di daratan dia butuh pupuk dan segala macamnya, tetapi kalau diperairan hanya butuh kita lestarikan dan kita jaga. Maka dari itu, saja yang harus kita kerjakan sehingga kelangsungan dan keberlanjutan biota laut akan terjaga dengan baik,” ujarnya.

Lanjut ia, kemudian menyinggung maraknya ilegal fishing, ia berharap kepada peserta mampu mensosialisasikan akan bahaya dan dampak dari kegiatan ilegal fishing ini.

“Ini sangat berbahaya dan bisa dikenakan pidana untuk itu kita tinggalkan cara-cara negatif mari kita beralih pada kegiatan yang ramah lingkungan, jangan lagi menggunakan bahan peledak yang bisa menghancurkan karang yang menjadi tempat benih ikan berkembang biak, juga penggunaan bahan beracun, potasium, dan racun sianida, penggunaan alat tangkap seperti trawl, termasuk eksploitasi hutan mangrove, dan juga penambangan pasir secara ilegal,” pungkasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *