PT Espay Lihat Potensi Pengembangan Budidaya Ubi Kayu, PJ Bupati Mubar Sambut Baik

Sumber: Zonasultra.id
banner 468x60

Mubar – Investor Tepung Tapioka asal Jakarta PT Espay melirik Kabupaten Muna Barat (Mubar) untuk mengembangkan dan membangun pabrik tapioka di daerah tersebut.

Hal itu ditandai dengan sosialisasi yang dilakukan PT Espay di hadapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Senin (18/7/2022).

Pj Bupati Mubar, Bahri menyambut baik dan mendukung penuh masuknya investor di Mubar, salah satunya investor tepung tapioka ini.

Kata dia, sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rangka pemulihan ekonomi, maka di daerah diwajibkan dapat membuka lapangan pekerjaan.

“Ketika ada investasi, sudah barang tentu berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan serapan tenaga kerja juga akan meningkat,” kata Bahri.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kemendagri mengatakan investasi PT Espay ini bergerak pada budidaya singkong di Mubar.

“Jadi, kami (PT Espay) dalam melakukan investasi tapioka ini, menggandeng BI dan perguruan tinggi (UHO). Kami melihat, potensi pengembangan budidaya ubi kayu di Mubar mulai dari lahan dan budidayanya sangat luar biasa,” katanya.

Dodon menyampaikan, keinginan PT Espay dalam pengembangan industri tepung tapioka di Mubar adalah menerapkan pemberdayaan petani menjadi pengusaha bukan memperkerjakan atau memperdayakan petani.

“Kami PT Espay inginkan dalam kerjasama ini adalah kemitraan atau partnership. Nantinya, kami sebagai penjamin pasar dari petani ubi kayu ini. Kita juga menjamin pengembangan ubi kayu ini mulai dari pasokan bibitnya dan membantu memfasilitasi pupuknya,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini, turut dihadiri Pj Bupati Mubar, Bahri, Asisten I Setda Mubar, La Ode Takari, Kepala Dinas Pertanian Nestor Jono, Plt Kadis Koperasi dan UKM, Orbali Fiihi, dan beberapa kepala OPD, kepala desa dan penyuluh pertanian.

Selain itu, turut dihadiri juga onwer PT Espay, Dodon dan rombongan, Perwakilan Bank Indonesia Sultra, Dosen UHO serta kepala Bank Sultra Cabang Mubar, I Dewa Putu Raka.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.