PJ Bupati Mubar Minta Pejabatnya Layani Pertanyaan Wartawan

banner 468x60

Mubar – Pj Bupati Muna Barat, Bahri, baru saja melakukan mutasi dan rotas terhadap 196 pejabat esalon III dan IV.

Sejalan dengan itu, keterbukaan informasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu mewanti-wanti pejabatnya untuk tidak alergi dengan pers bila dikonfirmasi.

“Jangan ada pejabat yang suka menonaktifkan handphone (HP). Bila teman-teman wartawan mengkonfirmasi, layani,” tegas Bahri, Rabu (10/8/2022).

Jebolan STPDN 07 itu memberikan ruang bagi pejabatnya membuat statemen di media massa untuk menghindari pencatutan nama dalam pemberitaan, seperti yang terjadi selama ini di Bumi Laworoku.

“Kasihan bila terulang lagi, yang rugi pejabat itu sendiri. Padahal, sesungguhnya, berita yang ada itu hanya asumsi,” ujarnya.

Menurutnya, pers adalah mitra strategis pemerintah. Peran pers sebagai pilar keempat demokrasi. Pers secara konsisten telah mewartakan kerja pemerintah, memberikan dukungan dan kritikan.

“Kehadiran pers saya harapkan dapat melawan informasi hoaks, ujaran kebencian dan memberikan edukasi pada masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Muna Barat, Muhamad Fajar Fariki membuka ruang bagi kalangan pers dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik. Dalam pemerintahan, fungsi kontrol pers sangat dibutuhkan, sehingga pemerintah dapat berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian juga, melalui peran pers, apa yang sudah, sedang dan direncanakan pemerintah, dapat diketahui publik secara luas.

“Bukannya saya ingin menggurui, jurnalis dalam menjalankan tugas juga harus memperhatikan keseimbangan informasi (cover both side), agar berita yang yang dihasilkan tidak menjadi liar dan terkesan opini sesat,” tukasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.