PJ Bupati Mubar Intruksikan Seluruh Kepala Desa Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

banner 468x60

Mubar – Demi meningkatkan kapasitas dan kinerja dalam mengelola pemerintahan desa, Pj Bupati Muna Barat (Mubar) Bahri mengirim seluruh kepala desa (kades) untuk mengikuti mengikuti bimbingan teknis (bimtek) bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bahri pun menginstrusikan agar seluruh kades untuk ikut Bimtek tersebut, sebab menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengamanatkan seorang kades harus mendapatkan bimbingan teknis peningkatan kapasitas.

Menurutnya, salah satu cara meningkatkan kapasitas aparat desa harus mengikuti bimtek.

“Dalam artian jangan hanya disuruh kerja tapi tidak ada isinya atau tidak ada mengerti apa yang dikerjakan makanya harus ikut diklat mereka harus diisi bagaimana dalam mengelola pemerintahan, pembangunan, serta kemasyarakatan,” ujarnya, Kamis (14/7/22).

Lanjut Bahri, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan institut pemerintahan dalam negeri (IPDN).

“Dimana tujuanya mencetak kader kita bawa kesana para kepala desa biar tau bagaimana wawasan, bagaimana manajemen pengelolaan pemerintahan saat ini, dia belajar dengan bagaimana pengelolaan BUMDes, mengelola pembangunan desa pemerintahan desa monografi desa dan administrasi terutama proses pengelolaan keuangan di desa,” tambahnya.

“Kita buat tagline mulai membangun mulai dari desa makanya saya tingkatkan kapasitasnya baru kita kasih untuk mengelola uang,” timpal Bahri.

Bimtek tersebut merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan kades serta kemampuan yang ditujukan untuk keperluan pengembangan bagi desa serta dapat memecahkan semua masalah yang ada di desa dan mengembangkan potensi untuk desa agar lebih maju dan kondusif.

“Kita tidak biarkan para kepala desa bekerja tampa kita tingkatkan kapasitasnya kita saja aparatur sipil negara (ASN) kita tingkatkan kopetensinya apalagi kepala desa,” ujar Bahri.

“Olehnya itu yang pada prinsipnya desa bekerja dengan baik desa makmur desa sejahtera, ketika desa bekerja dengan baik otomatis muna barat keseluruhan ikut sejahtera,” pungkasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.