Pj Bupati Mubar Beberkan 17 Program Rampung 2023

banner 468x60

Laworo – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Dr. Bahri beberkan 17 program pembangunan yang akan rampung tahun 2023. Bahri menyampaikan saat malam puncak hari ulang tahun (HUT) Mubar ke- 8 yang digelar pada Selasa, 26 Juli 2022 malam.

“Sejak kami dilantik sebagai Pj Bupati Muna Barat pada 27 Mei 2022, langkah awal yang kami lakukan adalah segera melakukan rasionalisasi APBD 2022 untuk mengejar target kinerja pembangunan yang belum tercapai,” kata Bahri dalam sambutannya.
.
Bahri menyebut ada beberapa program strategis yang akan segera dilaksanakan tahun 2022 dan direncanakan selesai tahun 2023.

Pertama, pembangunan Masjid Agung Mubar yang sudah dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sultra. Kedua, pembangunan kantor bupati dengan total anggaran yang disiapkan Rp 46 miliar.

Selain itu, pembangunan kantor DPRD Mubar anggaran yang disiapkan Rp 24 miliar, Mall Pelayanan Publik, pembangunan Rujab Bupati dan Wakil Bupati, dan pembangunan Rujab Pimpinan DPRD Mubar.

Kemudian, pembangunan posko pemadam kebakaran untuk tiga wilayah besar yakni Tiworo raya, Lawa raya dan Kusambi raya.

Program lain yang akan diselesaikan adalah pembangunan mes guru dan tenaga kesehatan di seluruh wilayah kepulauan, fasilitasi kurikulum muatan lokal pada sekolah dasar, Bansos BLT APBD untuk lima kelurahan, dukungan yang tidak mempunyai NIK, disabilitas, orang gila, dan bayi lahir.

Bahri menyebut program lainnya yang diselesaikan cetak sawah 400 Ha, bantuan keuangan untuk 81 desa, dukungan pembangunan pabrik tapioka 4000 Ha, mes guru dan tenaga kesehatan di kepulauan terus untuk kegiatan umum ada dua yakni mendorong NIB dan peningkatan kapasitas.

Selanjutnya, pembiayaan untuk bantuan modal usaha hibah, subsidi bunga dan IJP. Terakhir adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung konektivitas wilayah.

“Jadi itu 17 program itu Insya Allah selesai tahun 2023,” katanya

Sebagai penutup, Bahri menginginkan seluruh masyarakat tetap bersinergi untuk membangun Mubar.

“Saya selaku Pj Bupati Muna Barat mengucapkan dirgahayu HUT Mubar ke- 8 2022. Semoga lebih maju, lebih sejahtera, mandiri dan lebih berdaya saing pada tahun-tahun berikutnya,” tutup Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri itu.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.