Pastikan Program Prioritas Presiden Berjalan, Pemkab Mubar akan Tingkatkan Kapasitas UMKM

banner 468x60

Muna Barat – Pj Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, siap menjalankan salah satu program prioritas presiden RI, Joko Widodo, dalam hal peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu disampaikan Bahri saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Barangka, Senin (22/8/2022).

Ia menjelaskan, Peraturan Pemerintah turunan Undang-undang nomor 11 tahun 2021 tentang Cipta Kerja yakni memberikan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan terhadap Koperasi dan UMKM. Untuk itu, Bahri ingin memastikan seluruh pelaku UMKM dan koperasi terdaftar dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), sebagai syarat wajib pengajuan bantuan modal.

Read More
banner 300x250

“Kemarin kami sudah melihat berapa jumlah koperasi, usaha kecil, usaha menengah dan usaha mikro kita karena di dalam aturan sangat jelas bahwa UMKM di beri kemudahan makanya saya akan anggarkan ini pada anggaran perubahan,” jelasnya.

Guna mendukung kelancaran para pelaku UMKM, Direktur Perencanaan keuangan daerah Kemendagri ini akan melakukan peningkatan kapasitas. Berupa pelatihan wirausaha yang menyangkut tentang peningkatan kapasitasnya masing-masing.
Selanjutnya akan diberikan pembiayaan atau hibah modal usaha agar UMKM di wilayah Muna Barat berkembang sehingga roda perekonomian masyarakat terus bergerak.

“Ketika kita kasih bantuan hibah, modal , sarana prasarana maka koperasi UMKM akan hidup, makanya lima agenda prioritas presiden salah satunya adalah UMKM makanya saya juga akan fokus di sini dengan memastikan Koperasi dan UMKM terdaftar, kita tingkatkan kapasitasnya dan dipastikan agar bagaimana program ini dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” pungkasnya.1

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.