Libur Nataru Di Depan Mata, Pj Bupati Bahri Kumpulkan Forkopimda Muna Barat

banner 468x60

Mubar – Pemerintah Kabupaten Muna Barat menggelar rapat koordinasi bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) guna membahas persiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Rakor tersebut berlangsung di kantor Bupati Mubar, Rabu (21/12/2022). Turut hadir Pj Bupati Muna Barat Bahri, Sekda Mubar, Kepala BPS serta perwakilan dari pihak TNI dan Polri.

Pj Bupati Mubar Bahri mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang Forkopimda, bahwa Forkopimda dibentuk untuk mendukung pelaksanaan kebijakan dalam pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di daerah.

”Maka hubungan kerjanya itu bersifat koordinatif, fungsional, dan sinergi,” ujarnya.

Bahri menyebut, tugas-tugas forkopimda dan Pemda Mubar menjelang Nataru yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai sarana konsultatif kepala daerah dalam menjalankan wewenangnya.

Untuk itu, lanjut dia, dalam konteks menghadapi Nataru, pihaknya akan selalu memonitoring ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan dasar lainya di berbagai pasar yang ada di tiga wilayah besar Muna Barat, membangun posko-posko perbatasan antardaerah baik jalur mudik, jalur lalu lintas, mode transportasi, serta menyiapkan posko bencana.

Kemudian, melakukan pemantauan pengecekan protokol kesehatan di tempat ibadah, wisata dan tempat keramaian serta optimalisasi di setiap posko kelurahan dan desa lainnya.

Selain itu, memastikan umat kristiani dalam melaksanakan ibadah dengan baik, aman, dan tertib serta mengecek situasi lapangan bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama terkait kesiapan jelang Nataru nantinya.

“Nantinya pada malam tahun baru, bagi umat Islam kita akan gelar zikir akbar di setiap wilayah masing-masing,” tutupnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *