Atasi Kebutuhan Tapioka, Pemkab Mubar Segera Bangun Pabrik

banner 468x60

Mubar – Untuk kemandirian pangan, Penjabat Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri menaruh perhatian serius terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya petani di kabupaten tersebut.

Untuk itu, Pj Bupati Mubar tidak main-main, hal itu ditandai dengan akan dibangunnya Pabrik Tepung Tapioka oleh PT. Mubar Agro Sejahtera.

Bahri mengatakan melihat potensi lahan pertanian di Mubar yang telah ditinjau langsung, pihak investor tepung tapioka tertarik dan ingin berinvestasi di daerah yang baru mekar 8 tahun silam ini.

Lebih jauh, kata dia apalagi kebutuhan tepung tapioka di Indonesia saat ini masih bergantung pada impor dari luar negeri.

“Dalam rangka kemandirian pangan dan juga peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga, kita akan memanfaatkan lahan-lahan pertanian yang berpotensi untuk menghasilkan produk pertanian ataupun dalam konteks ketahanan pangan seperti ubi kayu,” ungkap Bahri, Sabtu (17/9/2022).

Untuk itu, lanjut Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri ini, mengatakan untuk memudahkan dan meningkatkan hasil produksi ubi kayu, maka pabrik tepung tapioka dibangun di Mubar.

“Kalau pabrik sudah ada disini, maka kita tidak susah mencari pasaran. Petani kita tinggal menanam dan hasil produksi pasti dijemput,” ujarnya.

Mantan Kabag Umum STPDN ini menilai dengan hadirnya investasi pabrik tepung di daerah ini otomatis lapangan kerja akan terbuka, roda perekonomian akan meningkat, dan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

“Prinsip kita mendukung investasi dalam rangka mendukung food estate menuju pemulihan ekonomi di Kab. Muna Barat. Investasi ini akan menaikkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah daratan yang kaya akan potensi tanah pertanian. Pola melalui kemitraaan atau patnership antara masyarakat dan investor, masyarakat cukup menyampaikan kesedian mengikuti program, memiliki lahan dan KTP Mubar,” jelas Mantan Lurah Di Buton itu.

Bahri mengaku untuk menjembatani masyarakat dan investor Pemda mubar akan membentuk BUMD dalam bentuk Perumda.

“Tahap awal pembukaan lahan melalui BUMD Pemda akan memberi pembiayaan modal awal Rp.8 juta/hektare. Dengan hasil produksi 45-50 ton per hektare sekali panen dalam jangka 6-7 bulan dengan estimasi jika harga jual seribu per kilo maka 45-50 juta kurangi modal awal maka besar pendapatan sekitar Rp.37 juta- 42 juta,” tutur Bahri.

Sementara itu, pihak PT. Mubar Agro Sejahtera Dodon mengaku tahap awal akan membangun pabrik kapasitas hasil produksi 25 ton per hari dan membutuhkan lahan 1250 hektare.

“Untuk memenuhi pasokan per hari kita memerlukan bahan baku ubi kayu antara 100 -120 ton. Hasil panen diperkirakan 45-50 ton maka dalam satu hari kita harus panen 3-4 hektare. Tahap awal kita butuh lahan 1250 hektare. Insya Allah tahun 2023 kita mulai bangun pabriknya,” kata Dodon saat ditemui di Rujab Bupati Mubar.

Bisa dibayangkan, kedepan pasti akan ada petani pengusaha sukses. “Pabrik ini masuk akan membuka lapangan kerja dan juga perekonomian akan meningkat. Kalau ini sudah jalan petani akan jadi pengusaha sukses,” cetusnya.

Alasan pihaknya memilih Kabupaten Muna Barat sebagai tempat budidaya ubi kayu sebagai bahan baku tapioka, Dodon menilai potensi lahan pertanian Mubar cukup besar.

“Pertama jujur tertarik dengan antusias-nya Pj Bahri terhadap pembangunan daerah sektor pertanian. Setahu kami Mubar ini potensi pertaniannya besar. Ini sesuai data yang diperoleh oleh guru besar ilmu tanah dari perguruan tinggi di Kendari. Lahan tidur di Mubar 40 ribu hektare dan itu sangat cocok untuk ubi kayu sekitar 23 ribu hektare. Kita Indonesia saat ini masuk negara pengimpor tapioka terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya.

Bicara investasi, Dodon menyebut dengan hadirnya pabrik tahap awal dengan kapasitas 20 ton per hari ini nilai investasinya sekira 25 miliar.

Kadis Pertanian Nestor Jono menyebut saat ini pihaknya masih melakukan pendataan calon petani calon lahan (CPCL).

“Kita akan cek dan data dulu untuk 1250 hektare itu. Di Mubar kan ada 448 kelompok tani, berapa lahan yang siap,” pungkasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.