APH Siap Eksekusi Penertiban Aset Randis Yang Dikuasai ASN Mubar

banner 468x60

Mubar – Rasa memiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) Muna Barat terhadap aset daerah sangat tinggi, sampai-sampai kendaraan dinas (randis) yang dikuasainya tidak mau dilepas, meskipun Pj Bupati meminta untuk dikumpulkan.

Adapun jumlah randis milik Pemerintah Kabupaten Muna Barat sebanyak 728 unit yang terdiri dari 632 sepeda motor dan 96 mobil.

Hingga Rabu (10/8/2022), randis yang terkumpul sebanyak 507 unit. Rinciannya, 472 sepeda motor dan 35 mobil. Sisanya, 160 motor dan 61 mobil belum diketahui rimbanya.

Banyaknya randis yang belum dikembalikan itu membuat Pj Bupati Bahri, geram. Ia pun akan melakukan langkah-langkah tegas. Identitas ASN pengguna kendaraan itu telah dikantongi.

“Data penggunanya sudah ada. Saya sudah perintahkan Pol PP untuk melakukan penarikan di rumah-rumah ASN itu. Bila sampai hari Senin, 15 Agustus, tidak ada, saya akan melaporkan barang daerah yang hilang atau dikuasai pihak-pihak tidak bertanggung jawab ke polisi dan jaksa,” tegas Bahri, Kamis (11/8/2022).

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu sengaja menertiban randis agar digunakan sesuai peruntukannya, sehingga nantinya tidak menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

“Saya sengaja kumpul seluruh randis. Setelah lengkap, kita serahkan pada yang berhak di setiap organisasi perangkat daerah (OPD),” terangnya.

Jebolan STPDN 07 itu tidak main-main. Dia akan memberi sanksi pada ASN yang sengaja menyembunyikan randis. TPP ASN yang bersangkutan tidak akan dibayarkan.

“Silakan saja sembunyikan, di mana pun pasti saya akan cari,” tegasnya.

Kasat Pol PP Muna Barat, Liber mengaku, terus melakukan pencarian randis yang belum dikembalikan itu. Nama-nama pengguna sudah ia pegang.

“Kita akan cari hingga ke rumahnya (pengguna randis),” ujarnya.

Kapolres, AKBP Mulkaifin dan Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing siap membantu Pemkab Muna Barat dalam menertibakan aset. Dua institusi penegak hukum itu tinggal menunggu permintaan bantuan serta data penggunanya.

“Kapan pun dan dimana pun, kami siap membantu eksekusi,” kata Mulkaifin dan Agustinus.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.