Anggota DPRD Mubar Apresiasi PJ Bupati Terkait Pelantikan NPC

banner 468x60

Muna Barat – Pj Bupati Mubar, Dr Bahri resmi melantik kepengurusan National Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Muna Barat (Mubar) periode 2022-2027 yang dilaksanakan di aula kantor bupati, Senin 15 Agustus 2022.

Dengan dilantiknya kepengurusan NPC Mubar ini, salah satu anggota DPRD Mubar, La Ode Sariba memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Mubar Bahri. Kata dia, NPC sendiri adalah organisasi yang menjadi wadah pembinaan atlet penyandang disabilitas.

“Kami (DPRD Mubar) memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Mubar, Bahri resmi melantik NPC Mubar. Kami menilai, atlet berkebutuhan khusus harus lebih diberi perhatian dan diperlakukan sama dengan atlet lainnya,” kata La Ode Sariba ditemui dikantornya.

Kata Politisi Partai Nasdem ini, dengan dibentuknya organisasi NPC di Kabupaten Muna Barat, ia memberikan apresiasi kepada Bupati atas perhatianya terhadap kaum marginal. Sebab, disamping ada banyak masyarakat yang memiliki bakat atlet yang berkebutuhan khusus, hal itu juga merupakan amanah konstitusi pertama bahwa setiap warga negara harus diberikan perlakuan yang sama dalam pemerintahan yakni pasal 28 UUD 1945.

“Dan jawabannya adalah bagaimana kita sebagai elemen pemerintahan di daerah, mendorong inklusivitas pembangunan yang dapat menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat termaksud kaum difabel yakni mereka yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental dan atau sensorik,” ungkapnya.

Sariba menambahkan, perlu diketahui bahwa salah satu indikator parameter pelayanan publik oleh negara memberikan kewenangan kepada Ombudsman untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik termasuk didalamnya adalah bagaimana penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat yang berkebutuhan khusus tadi. Salah satunya kelompok penyandang disabilitas, yakni sebagaimana Undang-undang nomor 37 tahun 2008 tentang Ombusman RI serta undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Keberadaan potensi atlet kita terbukti. Atlet penyandang disabilitas dari Mubar yang dibina diluar daerah dan ikut kompetisi dan berprestasi pada tingkat nasional misalnya Saudara Jojon Efendi dari Sidamangura, Kecamatan Kusambi. Untuk itu, saya berharap bentuk perhatian nantinya akan ditindaklanjuti dengan kebijakan fasilitasi penganggaran, sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan Mubar bisa beprestasi dan bahkan menjadi tuan rumah Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA),” ucapnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.