177 Keluarga dari Dua Kelurahan di Mubar Terima BLT

banner 468x60

Mubar – Pemerintah Kabupaten Muna Barat menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD di dua kelurahan yakni Waumere dan Tiworo. Penyerahan dilaksanakan di gedung KONI, Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Kamis (29/12/2022).

BLT-APBD diserahkan langsung oleh Pj Bupati Muna Barat, Bahri bersama Ketua PKK Muna Barat, Yosi Rena Bahri. Bahri mengatakan, berdasarkan data dari kelurahan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berjumlah 177 orang, yang terdiri atas 109 orang dari Kelurahan Waumere dan 68 orang dari Kelurahan Tiworo.

“Sebenarnya kemarin jumlah total KPM hanya 132 orang dari dua kelurahan ini, Waumere sebanyak 91 orang sedangkan Tiworo hanya 41 orang. Tetapi berdasarkan hasil laporan Pak Lurah di wilayah masing-masing masih banyak warga yang belum mendapatkan, maka kita tambahkan penerimanya, 18 orang dari Kelurahan Waumere dan 27 orang dari Kelurahan Tiworo, jadi totalnya sebanyak 177 KPM,” terang Bahri.

Ia menjelaskan walaupun ada data KPM yang terlambat dimasukkan sebagai penerima BLT-APBD ini, namun semua mendapatkan perlakuan yang sama.

“Jadi perlakuannya sama, periode Oktober-Desember tetap menerima 300 ribu per bulan, kita tinggal tambahkan saja,” sebutnya.

Ia menerangkan, hal ini dilakukan guna melaksanakan kebijakan dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem. Program ini sejalan dengan apa yang telah diinstruksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Program ini, diluncurkan oleh presiden RI dengan tujuan capaian target di tahun 2024, angka kemiskinan ekstrem turun di angka 0 persen.

“Kemiskinan ekstrem ini adalah orang yang memiliki penghasilan kurang lebih 28 ribu per harinya, maka kita diperintahkan untuk melakukan tiga hal seperti mengurangi pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatannya, dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan,” tegasnya.

Bahri mengaku, di tahun 2023 pihaknya telah menganggarkan kembali mulai dari Bulan Januari hingga Desember

Salah satu KPM asal Kelurahan Waumere Wa Nuuna mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Baginya, bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk menopang berbagai kebutuhannya saat ini. Termasuk warga dari kelurahan Tiworo, Wa Ode Ote. Ia merasa bersyukur karena selama belum pernah mendapatkan BLT.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *